Etika Bertukar Link (Link Exchange)

Posted by rike on 0

Selain rajin mengunjungi blog lain dan memberikan komentar pada suatu posting tertentu, bertukar link juga marak dilakukan. Hal tersebut dilakukan dalam upaya mem-promosi-kan blog. Seperti yang telah diuraikan dalam kualitas link bahwa diusahakan semaksimal mungkin untuk menentukan link yang sesuai dengan tema dan keyword blog kamu. Cara singkat untuk mencari blog yang sesuai dengan tema dan kata kunci adalah dengan menggunakan mesin pencari. Carilah di search engine dengan kata kunci yang sesuai dengan blog kamu, kemudian kunjungi blognya. Baca dan pelajari informasi dalam posting, jika selesai membaca berikan komentar yang menurut kamu relevan dengan isi postingan tersebut. Dan apabila ia menyediakan halaman untuk bertukar link, manfaatkan kesempatan tersebut untuk berbagi.




Dalam link exchange juga mempunyai etika tertentu agar blog lain tertarik bertukat link dengan blog kamu :



  1. Kamu harus me-link duluan. Bagaimana meminta blog lain me-link ke blog kamu, jika kamu belum melakukan link ke blog mereka.

  2. Memberi pemberitahuan bahwa kamu telah me-link ke blog mereka, baik melalui shoutbox, komentar, maupun email (ex : "Blog-saya.com" telah me-link ke "Blok-kamu.com")

  3. Berikan komentar untuk meninggalkan jejak kamu dalam blog mereka.

  4. Jangan berlaku khianat, dengan menghapus link blog mereka dari blog kamu. Padahal link kamu masih berada di blog mereka.

  5. Jangan pula bersikap memaksa, seperti "link kamu akan dihapus, jika kamu tidak linkback dalam 2 hari", "Ini sudah yang ketiga kalinya, saya meminta,..."

  6. Blog kamu harus memiliki posting yang menarik dan berhubungan dengan tema serta kata kunci blog yang lain tersebut.





Kemudian ada pula etika, jika blog kamu telah di link oleh blog lain :



  1. Lakukan cek terjadwal dalam mesin pencari tentang siapa saja yang me-link ke blog kamu (ketik dalam kotak pencarian "link:http://alamatblogkamu.com")

  2. Kunjungi daftar link, yaitu blog lain yang telah me-link ke blog kamu. Apakah blog tersebut mempunyai relevansi dengan judul dan keyword kamu.

  3. Sampaikan dengan baik dan sopan "Mengapa blog mereka belum kamu linkback" atau "Tidak di linkback"

  4. Jangan sombong dengan berlaku tidak mau tahu dengan blog lain yang telah melakukan link ke blog kamu. Karena blog kamu hidup mungkin karena kunjungan, komentar, dan promosi mereka.



Dengan memahami etika yang saling berhubungan timbal-balik tersebut, maka akan menghasilkan suatu hubungan yang ber-simbiosis mutualisme (saling menguntungkan). Sehingga dinilai sah menurut hukum, jujur dari pandangan kasat mata, dan legal menurut algoritma search engine.





Selamat ber-Link Exchange...


About the Author

Write admin description here..

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 comments:

Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top