Perangkap Kemitraan

Posted by rike on 0

Memiliki mitra atau rekan dalam bisnis bisa menjadi berkah, bisa juga musibah. Kenyataan yang menyedihkan adalah kemitraan memiliki angka kegagalan yang tinggi akibat masalah di antara para mitra itu sendiri dan bukan karena masalah bisnis.

Masalah terbesar dalam kemitraan adalah para mitra menghabiskan banyak waktu untuk merencanakan bulan madu dan sama sekali tidak merencanakan perceraian. Maksudnya adalah suatu hari nanti, mungkin Anda merasa bahwa mitra bisnis Anda membuat Anda gila dan Anda tidak ingin lagi terlibat dengan mereka. Jika Anda memiliki rencana tertulis dan persetujuan tentang apa yang harus dilakukan dalam situasi seperti ini, Anda tinggal mengeluarkannya dan menerapkannya; rencana ini bagai persetujuan pranikah untuk bisnis. Tapi jika Anda tidak memiliki persetujuan awal, maka kondisi bisa tiba-tiba memburuk.

Jika Anda memiliki mitra, ada kemungkinan hubungan itu tidak berjalan baik, walaupun saat ini Anda sangat dekat dengannya sebagai teman atau keluarga. Jika Anda sudah mencapai tahap dimana kemitraan ini harus bubar (dan Anda akan mengetahui kapan pada saat waktunya tiba), Anda harus memiliki apa yang biasanya dikenal sebagai strategi pengakhiran (exit strategy). Ini adalah rencana yang memaparkan cara Anda atau mitra Anda bisa keluar dari bisnis itu dengan kerusakan dan kerugian minimal.

Sangat direkomendasikan untuk mengganggarkan sejumlah uang saat mendirikan bisnis untuk mempekerjakan pengacara yang menyusun persetujuan pembubaran kemitraan, yang merupakan bentuk legal dari strategi pengakhiran. Persetujuan ini dibuat demi kepentingan Anda dan mitra Anda. Penting bahwa semua pihak sepenuhnya mengetahui apa arti dari persetujuan tersebut dan implikasi dari menandatanganinya. Pada dasarnya, dokumen strategi pengakhiran biasanya memberikan mitra yang tersisa opsi pertama untuk membeli saham mitra yang pergi dengan harga yang sudah disetujui sebelumnya.

Setelah memberikan gambaran yang lumayan suram tentang kemitraan, mungkin saat ini Anda memandang mitra Anda di seberang meja dengan penuh kekhawatiran. Tapi, seperti hubungan lainnya, kemitraan bisnis yang sukses juga bisa sangat menguntungkan secara emosional dan finansial. Semuanya tergantung dari komunikasi dan kerja sama. Jika Anda cukup beruntung untuk memiliki kemitraan yang solid, selamat bagi Anda! Jika Anda terlibat dalam kemitraan yang janggal, maka usahakan untuk meluruskan segala masalah.

Ada komentar yang mengatakan : mitra seringkali merupakan keburukan yang diperlukan. Mungkin Anda membutuhkan uang mereka, keahlian mereka, atau kombinasi keduanya. Pastikan agar segalanya dibuat secara tertulis dan buat rencana untuk hari yang diharapkan tak akan pernah tiba.
by Andrew Griffiths

Tagged as:
About the Author

Write admin description here..

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 comments:

Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top