Operasi mayor untuk wasir atau ambeyen

Posted by rike on 0


Operasi mayor untuk wasir atau ambeyen biasanya dapat dihindari dengan adanya pilihan lain yang memiliki efek samping, komplikasi dan nyeri yang lebih minimal. Metode tanpa operasi biasanya cukup untuk kebanyakan pasien sebagai pilihan yang cukup baik untuk kesembuhan wasir ambeyen.



Koagulasi Bipolar
Elektroterapi bipolar digunakan untuk memberikan efek koagulasi secara langsung di daerah membran mukosa didekat jaringan hemorrhoid wasir atau ambeyen. Specialized Bipolar Circumactive Probes (BICAP) sangat efektif untuk penatalaksanaan perdarahan pada hemorrhoid internal atau wasir ambeyen dalam. Desain probe dibuat khusus sehingga efektif untuk menghentikan perdarahan.
Kelebihan terapi ini adalah efek samping minimal, nyeri minimal, tanpa operasi tetapi kekurangannya antara lain adalahj diperlukan terapi lebih dari satu kali terkadang sampai 3-5 kali untuk mencapai efek terapi yang diinginkan.
Untuk unipolar seperti ultroid meski efektif dan aman tetapi kurang dirasa nyaman bagi dokter atau dokter bedah dan pasien karena pasien dalam posisi litotomi (seperti melahirkan untuk kemudian dimasukkan anoskop selama lebih dari 15 menit dan dokter yang menggunakannya juga harus menahan alat tersebet ditempatnya selama 15 menit. Oleh karena itu alat ini dirasa kurang efisien.
Penulis juga pernah melihat timbulnya fistula dengan menggunakan terapi ini; os memang sudah ada abses sebelumnya tidak jelas pencetus yang ada diakibatkan BICAP atau karena abses tersebut

HAL (Hemorrhoidal Artery Ligation)
Hemorrhoidal arteri ligation (HAL) diilakukan dengan menggunakan proktoskop yang digabungkan dengan ultrasound Doppler. Jarum dan benang dijahitkan ke bawah arteri untuk kemudian diikat sehingga peredaran darah ke daerah wasir atau ambeyen dihentikan.
Teknik ini pada prinsipnya mirip dengan ligasi pita karet yaitu menghentikan aliran darah ke daerah wasir. Teknik ini cenderung aman dan efektif dan tidak memerlukan operasi tetapi terkadang perlu lebih dari satu tindakan dan wasir berkurang tetapi biasanya masih ada

Hemorrhoidolysis
Gelombang galvanic yang berfungsi terapeutik diletakkan secara langsung ke jaringan wasir atau ambeyen, hal ini menghasilkan reaksi kimia yang membuat jaringan wasir menciut dan melarut. Teknik ini sangat efektif untuk wasir internal.
Teknik ini tidak dapat digunakan untuk wasir eksternal dan kelainan lain, selain itu membutuhkan terapi lebih dari satu kali untuk mencapai hasil terai yang diinginkan



Injeksi Skleroterapi
Untuk menciutkan wasir dan pembuluh darahnya obat diinjeksikan secara langsung ke membrane mukosa jaringan wasir, metode ini hanya efektif untuk wasir berukuran kecil grade 1.Untuk grade lanjut teknik ini tidak digunakan karena terbukti kurang efektif


Ligasi Pita Karet
Pita karet yang erat menghentikan perdarahan ke daerah yang terjepit untuk selanjutnya daerah tersebut akan mati dan lepas sendiri ke saluran anal.
Untuk pasien dengan derajat-derajat awal teknik ini adalah salah satu prosedur yang paling popular dilakukan di Amerika untuk wasir internal. Dalam prosedur ini jaringan wasir ditarik kedalam silinder untuk memudahkan peletakan pita karet di dasarnya. Seiring waktu jaringan dibawahnya akan mati dan terlepas saat buang air besar.
Ligasi pita karet ini dapat dilakukan langsung di ruang praktek dan tidak membutuhkan banyak persiapan. Tetapi seringkali satu tindakan tidak cukup untuk menyelesaikan masalah pasien dan hanya bisa dilakukan untuk pasien dengan derajat awal saja grade 2 atau sebagian kecil grade 3



Super Freeze
Peralatan kriogenik menggunakan nitrogen cair untuk membekukan dengan super jaringan wasir. Hal ini menyebabkan jaringan yang terkena mati dan terlepas sehingga jaringan yang sehat bisa tumbuh. Teknik ini efektif bila digunakan untuk wasir external.

SAFUTE BEIM
Safute adalah salah satu teknologi terbaru untuk terapi wasir tanpa operasi. Dengan teknologinya safute dapat membuat jaringan yang akan diinsisi menjadi kering dan keras sehingga tidak lagi menimbulkan perdarahan.
Dokter juga dapat lebih cepat melakukan tindakan karena tidak perlu jahitan dan pasien pun dapat langsung pulang karena menurut penelitian besar 98% pasien tidak memerlukan rawat inap dan bisa langsung pulang karena nyeri dan perdarahan pasca tindakan sangat minimal.
Teknologi ini sangat popular di daerah Tiongkok dan telah diadaptasi di hampir semua rumah sakit disana. Sekarang teknologi ini dikombinasi dengan sigmoidoskopi dan colonoskopi sehingga Alat tersebut tidak hanya mampu memberikan terapi safute tetapi juga memberikan diagnosis yang akurat bagi dokter.
Teknologi ini tidak akan lama lagi akan menjadi pilihan utama mengingat biayanya yang terjangkau, aman dan nyaman bagi dokter dan pasien mengingat efek samping dan kompliaksi minimal serta prosedur menjadi jauh lebih cepat serta efektivitasnya yang tinggi yaitu kemungkinan kambuh kecil dan dapat pula digunakan untuk gangguan anorektal yang lain seperti fissure, fistula, kondiloma, abses dll.

sumber: www.hemorrhoid.net

About the Author

Write admin description here..

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 comments:

Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top