Makna Huruf dan Aksara Jawa ( Versi Rejeki Angka )

Posted by rike on 0

Saya mengetahui sedikit tentang sejarah huruf Jawa maka mari kita sedikit mengupas beberapa makna filosofis dari huruf Jawa tersebut. Ada begitu banyak makna secara filosofis dari huruf Jawa tersebut dan makna filososfis tersebut bersifat cukup general alias tidak hanya untuk orang Jawa saja lho. Ada beberapa versi makna huruf Jawa tersebut, beberapa di antaranya adalah yang dikatakan Mbah Wikipedia di sini dan disana, berhubung Mbah Wikipedia sudah bercerita dengan cukup jelas maka saya tidak akan menulis ulang pitutur Mbah Wikipedia tersebut.

Sekarang saya akan sedikit mengupas �tafsir� versi lain dari huruf Jawatersebut. Ki Hadjar Dewantara tidak hanya mencetuskan konsep petuah tentang kepemimpinan yang sangat terkenal, beliau juga berhasil memberi penafsiran mengenai ajaran budi pekerti serta filosofi kehidupan yang sangat tinggi dan luhur yang terkandung dalam huruf Jawa .
Adapun makna yang dimaksud adalah sebagai berikut

(1) HA NA CA RA KA:


Ha= Hurip = hidup
Na= Legena = telanjang
Ca= Cipta = pemikiran, ide ataupun kreatifitas
Ra= Rasa = perasaan, qalbu, suara hati atau hati nurani
Ka= Karya = bekerja atau pekerjaan.

(2) DA TA SA WA LA



DA TA SA WA LA (versi pertama):
Da=Dada = dada
Ta= Tata = atur
Sa= Saka = tiang penyangga
Wa= Weruh = melihat
La= lakuning Urip = (makna) kehidupan.

DA TA SA WA LA (versi kedua):
Da-Ta (digabung)= dzat = dzat
Sa= Satunggal = satu, Esa
Wa= Wigati = baik
La= Ala = buruk

(3) PA DHA JA YA NYA:


PA DHA JA YA NYA =Sama kuatnya (tidak diartikan per huruf).

(4) MA GA BA THA NGA :


Ma= Sukma = sukma, ruh, nyawa
Ga= Raga = badan, jasmani
Ba-Tha= bathang = mayat
Nga= Lunga = pergi

Tetapi selanjutnya dengan sedikit ngawur saya pribadi akan berusaha menyelami dan menjabarkan tafsir huruf Jawa versi Ki Hadjar tersebut sesuai dengan kemampuan saya. Kalau banyak kesalahan ya mohon dimaklumi karena saya bukanlah seorang filsuf, saya hanya ingin mengenal lebih jauh huruf Jawa(walaupun secara ngawur dengan cara sendiri).


(1) HA NA CA RA KA:


Ha= Hurip = hidup
Na= Legena = telanjang
Ca= Cipta = pemikiran, ide ataupun kreatifitas
Ra= Rasa = perasaan, qalbu, suara hati atau hati nurani
Ka= Karya = bekerja atau pekerjaan.

Dari arti secara harfiah tsb, saya berusaha menjabarkannya menjadi dua versi:

Ketelanjangan=kejujuran

Bukankah secara fisik manusia lahir dalam keadaan telanjang? Tapi sebenarnya ketelanjangan itu tidak hanya sekedar fisik saja. Bayi yang baru lahir juga memiliki jiwa yang �telanjang�, masih suci�polos lepas dari segala dosa. Seorang bayi juga �telanjang� karena dia masih jujur�lepas dari perbuatan bohong (kecuali bayi aneh :) )

Sedangkan  CA-RA-KA mempunyai makna cipta-rasa-karya . Sehingga HA NA CA RA KA akan memiliki makna dalam mewujudkan dan mengembangkan cipta, rasa dan karya kita harus tetap menjunjung tinggi kejujuran. Marilah kita �telanjang� dalam bercipta, berasa dan berkarya.

Pengembangan potensi

Jadi HA NA CA RA KA bisa ditafsirkan bahwa manusia �dihidupkan� atau dilahirkan ke dunia ini dalam keadaan �telanjang�. Telanjang di sini dalam arti tidak mempunyai apa-apa selain potensi. Oleh karena itulah manusia harus dapat mengembangkan potensi bawaan tersebut dengan cipta-rasa-karsa.

Cipta-rasa-karsa merupakan suatu konsep segitiga (segitiga merupakan bentuk paling kuat dan seimbang) antara otak yang mengkreasi cipta, hati/kalbu yang melakukan fungsi kontrol atau pengawasan dan filter (dalam bentuk rasa) atas segala ide-pemikiran dan kreatifitas yang dicetuskan otak, serta terakhir adalah raga/tubuh/badan yang bertindak sebagai pelaksana semua kreatifitas tersebut (setelah dinyatakan lulus sensor oleh rasa sebagai badan sensor manusia).

Secara ideal memang semua perbuatan (karya) yang dilakukan oleh manusia tidak hanya semata hasil kerja otak tetapi juga �kelayakannya� sudah diuji oleh rasa. Rasa idealnya hanya meloloskan ide-kreatifitas yang sesuai dengan norma. Norma di sini memiliki arti yang cukup luas, yaitu meliputi norma internal (perasaan manusia itu sendiri atau istilah kerennya kata hati atau suara hati) atau bisa juga merupakan norma eksternal (dari Tuhan yang berupa agama dan aturannya atau juga norma dari masyarakat yang berupa aturan hukum dll).

(2) DA TA SA WA LA: (versi pertama)



Da= Dada = dada
Ta= Tata = atur
Sa= Saka = tiang penyangga
Wa= Weruh = melihat
La= lakuning Urip = (makna) kehidupan.

DA TA SA WA LA berarti dadane ditata kareben bisa ngadeg jejeg (kaya saka) lan bisa weruh (mangerteni) lakuning urip. Dengarkanlah suara hati (nurani) yang ada di dalam dada, agar kamu bisa berdiri tegak seperti halnya tiang penyangga dan kamu juga akan mengerti makna kehidupan yang sebenarnya.

Kata �atur� bisa berarti manage dan juga evaluate sedangkan dada sebenarnya melambangkan hati (yang terkandung di dalam dada). Jadi dadanya diatur mengandung arti bahwa kita harus senantiasa me-manage (menjaga-mengatur) hati kita untuk melakukan suatu langkah evaluatif dalam menjalani kehidupan supaya kita dapat senantiasa berdiri tegak dan tegar dalam memandang dan memaknai kehidupan.

Kita harus senantiasa memiliki motivasi dan optimisme dalam berusaha tanpa melupakan kodrat kita sebagai makhluk Allah yang dalam konsep Islam dikenal dengan ikhtiar-tawakal, ikhtiar adalah berusaha semaksimal mungkin sedangkan tawakal adalah memasrahkan segala hasil usaha tersebut kepada Allah.

DA TA SA WA LA: (versi kedua)


Da-Ta (digabung)= dzat = dzat
Sa= Satunggal = satu, Esa
Wa= Wigati = baik
La= Ala = buruk

DA TA SA WA LA bisa ditafsirkan bahwa hanya Dzat Yang Esa-lah (yaitu Tuhan) yang benar-benar mengerti akan baik dan buruk. Secara kasar dan ngawur saya mencoba menganggap bahwa kata �baik� di sini equivalen dengan kata �benar� sedangkan kata �buruk� equivalen dengan �salah�. Jadi alangkah baiknya kalau kita tidak dengan semena-mena menyalahkan orang (kelompok) lain dan menganggap bahwa kita (kelompok kita) sebagai pihak yang paling benar.

(3) PA DHA JA YA NYA:


PA DHA JA YA NYA = sama kuat
Pada dasarnya/awalnya semua manusia mempunyai dua potensi yang sama (kuat), yaitu potensi untuk melakukan kebaikan dan potensi untuk melakukan keburukan. Mungkin memang benar ungkapan bahwa manusia itu bisa menjadi sebaik malaikat tetapi bisa juga buruk seperti setan dan juga binatang.

Mengingat adanya dua potensi yang sama kuat tersebut maka selanjutnya tugas manusialah untuk memilih potensi mana yang akan dikembangkan. Sangat manusiawi dan lumrah jika manusia melakukan kesalahan, tetapi apakah dia akan terus memelihara dan mengembangkan kesalahannya tersebut? Potensi keburukan dalam diri manusia adalah hawa nafsu, sehingga tidak salah ketika Nabi Muhammad SAW menyatakan bahwa musuh terbesar kita adalah hawa nafsu yang bersemayam dalam diri kita masing-masing.

(4) MA GA BA THA NGA:


Ma=Sukma = sukma, ruh, nyawa
Ga= Raga = badan, jasmani
Ba-Tha= bathang = mayat
Nga= Lunga = pergi

Secara singkat MA GA BA THA NGA saya artikan bahwa pada akhirnya manusia akan menjadi mayat ketika sukma atau ruh kita meninggalkan raga/jasmani kita. Sesungguhnya kita tidak akan hidup selamanya dan pada akhirnya akan kembali juga kepada Allah. Oleh karena itu kita harus senantiasa mempersiapkan bekal untuk menghadap Allah.

Demikian cerita ngawur saya tentang makna huruf Jawa, jika ada kesalahan dan ketidaktepatan mohon dimaklumi karena saya bukan filsuf dan kebetulan saat ini kepala sedang dipenuhi berbagai macam tugas.

*Sekedar alasan atas ketidakmampuan diri hehehe *

Semua hal yang saya diceritakan di atas merupakan keadaan yang ideal dan seharusnya, tetapi jika kenyatannya berkata lain maka itulah hidup nan misterius.

About the Author

Write admin description here..

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 comments:

Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top