Pohon Kelapa Unik Kelapa Bercabang Dua

Posted by rike on 0

Pohon Kelapa Unik Kelapa Bercabang Dua kelapa adalah salah satu dari berbagai jenis tanaman berbiji satu atau dikotil yang bisa tumbuh dimana saja didaratan tropis indonesia, namun uniknya ketika saya sedang mengadakan kunjungan kesala satu daerah yang terdapat disulawesi selatan, tepatnya di Desa Lebang, Cendana, Kabupaten Enrekang, disana saya melihat pohon kelapa unik yang tidak pernah saya jumpai sebelumnya gak seperti kelapa pada umumnya, kelapa ini mempunyai dua bagian yakni kelapa bercabang dua, Bapak Amiruddin, pemilik pohon kelapa unik itu megatakan bahwa, semula, pohon kelapa tumbuh alami di kebun miliknya. Bentuknya pun biasa-biasa saja sama dengan pohon kelapa pada umumnya. Namun makin lama, batang pohon kelapa makin menjulang tinggi dan bercabang dua. Cabang pohon kelapa terus menerus menghasilkan buah kelapa, berikut tampilan gambar kelapa cabang dua tersebut.

Pohon Kelapa Unik Kelapa Bercabang Dua

Gambar Kelapa Bercabang Dua

Pohon Kelapa Unik Kelapa Bercabang Dua


Menurut pemilik kelapa unik ini, jumlah buah kelapa yang dihasilkan pun lebih banyak dibanding pohon kelapa lainnya. Namun akan Tetapi, rasa air kelapa yang dihasilkan sama dengan rasa air kelapa pada umumnya. Kini, pohon kelapa unik miliknya diperkirakan sudah berumur Empat puluh tahun.

Amiruddin mengatakan, sejak pohon kelapa miliknya bercabang dua, banyak masyarakat yang datang melihat langsung pohon kelapa unik miliknya. Tidak jarang, pengunjung yang datang meminta buah dari pohon kelapa bercabang dua itu. Rata-rata, pengunjung mengambil satu atau dua buah kelapa saja. Buah dari pohon kelapa unik itu diyakini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan, ada pengunjung yang mempercayai buah dan air kepala bisa sebagai penolak bala.

Buah kelapa diberikan secara gratis bagi setiap pengunjung yang berminat. Tapi, harus meminta izin dulu dan pengunjung diminta untuk memanjat sendiri pohon kelapa karena tidak ada pemanjat khusus yang disediakan, kata Amiruddin yang juga menjabat sebagai Sekretaris Desa Lebang

Pohon Kelapa Unik Kelapa Bercabang Dua


Dia menambahkan, pohon kelapa bercabang dua miliknya itu kini dijaga dan dilestarikan oleh warga desa setempat. Beberapa waktu lalu, pemerintah kabupaten mengusulkan agar pohon kelapa bercabang dua bagian itu ditebang namun ditolak oleh warga desa. Alasan pemerintah, lokasi tumbuhnya pohon kelapa unik itu disinyalir mengandung minyak bumi.

Bahkan, pada tahun 1993 silam, tim dari Kanada mengadakan survei atas kandungan minyak bumi di desa Lebang. Namun, minyak bumi yang dikandung di sekitar lahan tumbuhnya pohon kelapa milik Pak Amiruddin dinilai masih mentah dan belum bisa diolah menjadi minyak.

Warga desa Lebang tetap mempertahankan kelestarian pohon kelapa bercabang dua bagian ini. Diyakini, buah dan air kelapa bisa dijadikan obat dan penolak bala, dikutip tandasnya.

Tagged as:
About the Author

Write admin description here..

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 comments:

Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top