5 Cara diet alami dan Sehat

Posted by rike on 0

Cara diet alami - Diet adalah upaya untuk menurunkan berat badan bagi yang memiliki berat badan berlebih. Tetapi terkadang banyak orang yang salah memahami cara diet yang benar sehingga apa yang diharapkan cenderung tidak sesuai dengan apa yang didapatkan. Banyak orang yang menjadi stres karena gagal diet sehingga bukannya menjadi langsing malah menjadi semakin gemuk. Kali ini saya akan memberikan beberapa cara diet alami berdasarkan pengalaman sehari-hari dan berdasarkan kajian selama menjadi seorang mahasiswa biologi. Saya akan memberikan beberapa cara diet alami agar kita tidak selalu pusing dengan cara-cara dan obat-obatan untuk diet dengan cepat.
diet
ilustrasi : ngenee.blogspot.com

Cara diet alami
1. Jaga kesehatan
Kesehatan erat kaitannya dengan masalah diet orang yang memiliki penyakit tertentu berpotensi untuk menjadi sakit dan bisa memiliki tubuh yang kurus maupun kelebihan makan. Sebisa mungkin hindari stres dan minuman beralkohol agar kesehatan anda membaik. Terlalu banyak duduk juga dapat membuat perut menjadi buncit dan mengalami kegemukan.

2. Makan teratur
Makan teratur setiap hari dapat membuat tubuh anda bekerja sesuai dengan jadwal. Tubuh anda tidak akan menjadi kaget jika tiba-tiba menerima makanan di lambung. Hindari makan cemilan setiap saat , sebab tanpa anda sadari jika makan cemilan anda bisa saja telah makan banyak tanpa merasa kenyang. Selain itu makan saat lapar dan berhenti sebelum kenyang seperti sunnah rasulullah SAW adalah  cara diet alami. Mengapa? sebab makan saat lapar berarti anda memasukkan makanan saat tubuh benar-benar membutuhkannya, jadi tubuh tidak akan kelebihan energi. Sebaliknya bila berhenti makan sebelum kenyang berarti kita membuat tubuh tidak kelebihan bahan makanan sebab tubuh sebaiknya diisi oleh masing -masing 1/3 makanan, minuman dan udara untuk bernafas.

3. Rajin berpuasa
Berpuasa dapat membuat tubuh mengatur pola konsumsi energi dan bahan makanan, selain itu juga dapat membuat tubuh menggunakan cadangan energi yang tersimpan saat berpuasa. Tubuh akan menggunakan cadangan energi ketika sedang melaksanakan puasa seharian.  Sehingga orang yang berpuasa tetap dapat memiliki energi walau tidak makan lebih dari 12 jam.

4. Olahraga teratur
Olahraga dapat membakar kalori dan lemak di dalam tubuh. Beberapa jenis olahraga tertentu dapat membakar lemak dengan cepat dan dapat membakar lemak dengan lambat. Itulah sebabnya mengapa para atlit rata-rata memiliki tubuh yang sempurna dan seimbang antara tinggi badan dengan berat badan. Olahraga lari pagi di hari libur dapat menjadi pilihan olahraga yang mudah dan murah meriah.

5. Aktif beraktivitas
Masih ingatkah anda bahwa saat tubuh seseorang menjadi langsing adalah pada masa-masa sekolah. Mengapa? sebab disekolah khususnya SMA rata-rata mereka diberi beban pikiran secara terus - menerus. Sehingga menguras energi mereka, selain itu aktivitas yang padat saat sekolah mulai dari jam 7 sampai jam 2 siang membuat anak sma energi cadangan ikut terkuras juga. Pengalaman saya saat SMA demikian , beda halnya saat memasuki masa kuliah dan masa kerja dimana tekanan tersebut menjadi kurang sehingga berat badan mahasiswa atau pekerja kantoran kadang-kadang menjadi naik lebih daripada saat SMA.
Tambahan : diet sulit dilakukan bagi mereka yang memiliki keturunan gemuk sebab gen gemuk akan diturunkan pada anak-anak dan sulit diubah. Tetapi intinya diet yang alami itu adalah dengan menjaga kesehatan dan mengatur pola makan, bukan mengurangi jumlah makanan. Selamat mencoba semoga berhasil.

Tagged as:
About the Author

Write admin description here..

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 comments:

Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top